Test Batu Akik atau Permata Asli vs Sintetis pake HP Android

test batu akik asli palsu

Test batu akik atau batu permata asli dengan HP Android adalah cara termudah untuk membedakan batu akik atau permata asli dengan batu sintetis. Perburuan batu akik dan batu permata asli (natural) di Indonesia pada 2014-2015 ini diiringi pula dengan makin banyaknya penjualan batu akik di pameran, toko di pasar dan supermarket, toko online hingga kios-kios rumahan di kampung-kampung. Para penjual batu akik juga banyak menyediakan batu sintetis sehingga membuat was-was ketika memilih dan membeli batu akik atau batu permata. Untuk itu perlu cara mudah untuk membedakan batu akik dan batu permata asli dengan batu palsu atau batu sintetis terutama bagi kita-kita yang masih awam.

Cara mengetes batu akik asli dan batu sintetis

  • Caranya dengan menggeser atau sentuhkan batu akik ke layar hp seperti layaknya ketika kita menggunakan jari untuk menggesar dan menekan menu-menu (gambar) pada hp android.
  • Jika batu akik tersebut dapat berfungsi terhadap layar sentuh HP maka batu akik adalah batu akik asli. Tetapi jika tidak maka batu tersebut adalah batu sintetis
  • Pengetesan bisa terhadap batu akik saja atau batu akik yang sudah terikat cincin ikatan.
  • HP Android yang bisa digunakan adalah HP Android keluaran beberapa tahun belakangan ini, capacitive touchscreen dan multi-touch, yaitu layar yang hanya bisa disentuh dan digerakkan oleh jari. Tidak sesuai untuk layar HP lama seperti PDA menggunakan stylus.
  • Hp dengan anti gores kemungkinan akan menggurangi kepekaan layar sentuh terhadap batu akik.
  • Tidak hanya batu akik asli, batu kerikil juga mampu mengoperasikan layar HP android.

Batu akik yang peka dengan layar HP Android

Saat dicoba menggunakan HP Lenovo dan Samsung berlapiskan anti gores, maka batu yang sensitif adalah batu giok Aceh Bio Solar, batu Red Raflesia Bengkulu, batu bacan hitam dan bacan hijau kebiruan. Batu batu tersebut ternyata sangat peka dan dapat dengan mudah menggerakkan menu-menu dari layar sentuh HP Android. Batu garut, batu jawa barat umumnya, dan batu banten (kalimaya black opal) umumnya kurang peka. Kadang bisa dan kadang tidak. Ini karena ada lapisan anti gores di HP. Batu ukuran panjang 2 cm, seperti batu sungai dareh pucuk pisang dan batu aceh bio solar yang mulus tanpa bercak, yang dijual di pasar dengan harga dibawah Rp. 150.000 plus ikat, tidak berfungsi di layar sentuh HP Android, karena ternyata itu batu sintetis.

Sifat listrik batu akik asli vs batu sintetis

Batu-batuan, termasuk batu akik dan batu permata asli atau natural bersifat dapat menghantarkan listrik. Sifat ini seperti ini ada pada bahan-bahan logam seperti kabel tembaga listrik, alumunium, besi, baja, dll. Demikian juga dengan tubuh manusia, air, lantai keramik, lantai semen dan batu kerikil juga menghantarkan listrik, sehingga berbahaya memegang kabel listrik jika tidak memakai sandal.

Sebaliknya batu sintetis yang umumnya terbuat dari kristal kaca dan plastik bersifat tidak dapat menghantarkan listrik. Batu sintetis ini sama dengan karet, gelas, kain, kayu dan kertas yang sama-sama tidak bisa menghantarkan listrik. Perbedaan kemampuan menghantarkan listrik inilah yang diterapkan dalam mengetes batu akik dan batu permata asli dengan batu sintetis.

layar sentuh (touch screen) pada hp sudah dirancang khusus agar dapat dioperasikan oleh jari tangan dan seluruh tubuh manusia (siku, lutut dan lainnya), kecuali oleh kuku jari yang tidak dapat menghantarkan listrik. Jika jari tangan memegang ikat cincin yang terbuat dari perak, emas, baja dan logam lainnya, dan kemudian pada ikat cincin menempel batu akik atau batu permata asli, maka listrik pada tubuh manusia dapat dihantarkan oleh ikat cincin dan diteruskan oleh batu akik asli tadi ke layar sentuh pada HP Android. Oleh karena itu batu akik asli dapat membuka dan menggeser menu-menu pada layar sentuh HP, asalkan batu tersebut dipegang oleh manusia.

Tetapi jika batu akik dipegang menggunakan plastik atau kertas tissue, maka aliran listrik terhalang oleh plastik atau kertas tersebut sehingga tidak berfungsi dalam mengoperasikan layar sentuh HP. Karena itu, batu sintetis-palsu yang umumnya terbuat dari kaca dan plastik sudah dapat dipastikan tidak akan dapat mengoperasikan layar sentuh HP Android, karena kaca dan plastik tidak dapat meneruskan/menghantarkan listrik dari tubuh manusia ke layar sentuh HP.

Demikian cara mengetes dan membedakan batu akik dan batu permata asli dengan batu sintetis menggunakan HP Android. Silahkan lihat artikel lain: 6 cara membedakan batu akik asli dan batu sintetis palsu
Share:

0 komentar:

Posting Komentar